Saturday 8 June 2013

Ada juga manfaat puasa/shaum



Manfaat Berpuasa Untuk Diri Kita

·  
Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh dunia. Karena dibulan ini merupakan bulan terbaik dari seluruh bulan, bahkan lebih baik 1000 bulan, dibukakannya pintu Surga dan ditutupnya pintu neraka, serta berlipatnya pahala kita dalam menjalankan amal ibadah di Bulan Ramadhan.
Namun, untuk menyempurnakan amal ibadah yang kita lakukan. Kita harus berpuasa selama 1 bulan penuh, dengan menahan haus dan lapar serta hawa nafsu kita dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa menjadi sarana pembentukan kepribadian yang sangat efektif dan optimal. Dalam banyak bukti kita temukan bahwa salah satu bekal penting untuk menghadapi tantangan besar adalah dengan berpuasa.  Bagi orang beriman berpuasa menjadi cara efektif dalam membentuk kebiasaan-kebiasaan baik dalam kehidupan. Berikut manfaat kita dalam menjalankan puasa/shaum.

Puasa, melatih kesabaran dan menjadikan hidup bermakna

Jika kesabaran menjadi puncak kematangan pribadi seseorang dalam medan apapun, maka berpuasa melatih seseorang untuk bersabar. Rasulullah bersabda :”Puasa adalah separoh kesabaran” HR At Tirmidziy.
Berpuasa melatih seseorang untuk membiasakan diri dengan hidup bermakna, karena dengan berpuasa seseorang dilatih untuk tidak mengerjakan sesuatu yang tidak berguna.

Puasa sarana mencapai puncak ketaqwaan

Ketaqwaan adalah standar normatif pergaulan manusia dalam Islam. Firman Allah : ”Sesungguhnya yang paling mulia di antaramu adalah yang paling bertaqwa” QS. 49:13
Ketaqwaan menjadi standar keberuntungan hidup seseorang. (QS, As Syams : 7-10) , dan puasa seperti yang diseruakan Allah SWT membentuk orang yang bertaqwa, (QS. 2:183)

Ada juga manfaat puasa/shaum seperti dibawah ini:

Shaum yang efektif dalam membentuk kepribadian adalah shaum yang tidak hanya berhenti makan dan minun akan tetapi shaum yang dilakukan dengan memenuhi adab-adab berikut ini, yaitu :
  1. mengendalikan keinginan makan dan minum
  2. mengendalikan keinginan nafsu seksual
  3. mengendalikan pandangan mata dari pemandangan terlarang
  4. mengendalikan mulut dari ucapan tercela
  5. mengendalikan telinga dari pendengaran tercela
  6. mengendalikan tangan, kaki dan anggota badan lainnya dari perbuatan sia-sia.

Tingkatan puasa/shaum

Dalam shaum dikenal tiga tingkatan yaitu :
  1. Puasa Awam, yaitu puasa yang hanya dengan mencegah keingan perut dan kemaluan.
  2. Puasa Khusus, yaitu dengan tidak hanya meninggalkan makan, minum dan seksual, tetapi sudah berusaha mencegah pendengaran, penglihatan, ucapan, dan anggota badan lainnya dari perbuatan dosa.
  3. Puasa Khusus-al Khusus, yaitu puasa yang tidak hanya menahan diri dari perbuatan dosa akan tetapi sudah mampu mengendalikan keinginan hati dan fikiran dari keinginan-keinginan randah (duniawi) dan hal-hal yang tidak berguna di hadapan Allah SWT.

Macam-macam puasa

Puasa sunnah dapat dikelompokkan dalam pereodisasi berikut ini :
  1. Usbu’iyyah (pekanan), seperti puasa hari Senin dan Kamis,
  2. Syahriyyah (bulanan), seperti puasa Ayyamul-Bidh (hari-hari terang bulan)
  3. Sanawiyyah (tahunan), seperti puasa hari Arafah bagi yang tidak sedang beribadah haji.
Itulah sedikit pembahasan mengenai manfaat berpuasa. Wah, ternyata manfaat puasa itu sangat bagus ya .Semoga dengan membaca artikel ini, kita semakin semangat melakukan amalan di bulan Ramadhan ini. Apalagi dengan dibukakannya pintu surga, ditutupnya pintu neraka dan dibelenggunya setan di bulan Ramadhan,  kita harus lebih giat lagi untuk beribadah dan beramal pada bulan Ramadhan. Oleh karena itu, janganlah kita mengabaikan perbuatan amal dan ibadah kita sedikit pun, dibulan yang penuh berkah ini. Marhabban Ya Ramadhan
Sumber : http://layanglayang.wordpress.com
 http://news.palcomtech.com/2012/07/manfaat-berpuasa-untuk-diri-kita/

No comments:

Post a Comment