Tuesday 22 January 2013

Menggunakan Double Keyword Pada Blogspot


Trik ini sebenarnya mudah tapi tidak banyak orang yang menyadari. Sudah cukup lama aku mencoba trik ini dan hasilnya tidak mengecewakan. Seperti yang sudah banyak orang ketahui bahwa salah satu kelemahan blogspot adalah dari segi Search Enggine Optimation (SEO). Tapi melihat dari segi keuntungan pasti kamu sudah tahu dan tidak perlu aku disebutkan lagi.
Mungkin kamu sudah pernah membaca atau bahkan sudah mempraktekkan tentang cara memasang Meta Tag otomatis pada blogspot. Dan yang ingin aku sampaikan pada kesempatan kali ini adalah bagaimana cara menampilkan dua keyword atau lebih pada sebuah artikel/posting. Yang dimaksud Meta Tag otomatis adalah menggunakan Judul artikel sebagai keyword. Jika pada template blogspot default biasanya menggunakan Keyword yang Statis, atau tidak dapat disesuaikan dengan isi artikel.
Bagi kamu yang belum mengerti tentang tata cara memasang meta tag otomatis pada blog, silahkan ikuti langkah berikut ini :
1. Tetap seperti biasanya, kamu harus login dulu ke halam blogger kamu
2. Jika sudah akses halaman Edit HTML
3. Jangan lupa untuk Download Lengkap Template Kamu terlebih dahulu.
4. Langkah selanjutnya Buat kamu yang sudah menggunakan Meta Tag kamu harus menghapus kode Meta Tag kamu sebelumnya yang belum pernah menggunakan Meta Tag langsung saja cari kode<title><data:blog.pageTitle/></title> ( Gunakan Tombol CTRL + F dan F3 agar lebih mudah menemukan kode)
5. Jika sudah menemukan kode diatas,, Hapus kode tersebut dan ganti dengan kode berikut :
<b:if cond=’data:blog.url == &quot;http://Alamat-Blogkamu.blogspot.com/&quot;’>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta name=’Description’ content=’Disini Description Blog Kamu‘/>
<meta name=’Keywords’ content=’Disini Isi Dengan Kata Kunci Untuk Home Page‘/> </b:if>
<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>
<title><data:blog.pageName/> – <data:blog.title/></title>
<meta expr:content=’data:blog.pageName + &quot;&quot; ‘ name=’keywords’/>
</b:if>
6. Sekarang Klik Simpan Template
 Setelah selesai melaksanakan ritual di atas, berarti blogspot kamu sudah mempunyai Meta Tag otomatis pada setiap postingan. Dan sekarang yang menjadi pertanyaan pada kesempatan kali ini adalah “Bagaimana memasang double keyword pada setiap posting ?”. Sebelum aku jelasakan lebih lanjut coba lihat screenshot hasil pencarian Google di bawah ini :
google search keyword
Apakah ada yang aneh ? Coba perhatikan judul artikel tersebut. Download Mozilla Firefox, Versi Terbaru Gratis. iya . . ada “koma” di tengah judul tersebut. Sebenarnya itu terlihat normal saja seperti judul artikel biasanya. Tapi tidak jika judul artikel tersebut aku masukkan kedalam Meta Tag Keyword. Seperti yang aku sampaikan di atas tentang menjadikan judul Artikel sebagai Keyword, maka keyword artikel tersebut menjadi dua keyword, yaitu Download Mozilla Firefox dan Versi Terbaru Gratis.
Kenapa bisa begitu ? Karena itu merupakan aturan yang berlaku pada tag HTML, halaman yang mempunyai lebih dari satu keyword dapat dipisahkan dengan “koma”. Sekarang muncul satu pertanyaan lagi, “Apa Manfaatnya ?“. Coba kita analisa menurut logika, jika seseorang mengetikkan keyword pada Google “Download Mozilla Gratis“. Maka itu merupakan dua keyword yang ada pada Artikel di atas.
Tentu saja Search Enggine akan menampilkan hasil pencarian pada Halaman yang mempunyai relevansi Keyword. Kemungkinan besar artikel tersebut bisa muncul pada halaman awal karena ada dua keyword yang sesuai. Itu hanya menurut analisaku saja.
Sepertinya sampai di sini aku coba berbagi sedikit trik dalam mengoptimalkan Keyword pada Blogpsot. Silahkan kamu kembangkan sendiri trik di atas agar lebih optimal hasilnya. Salam Blogger ..

No comments:

Post a Comment